Jenis, Macam, Pengertian, Definisi Riset Eksploratioris, Konklusif, Deskriptif dan Kausal - Ilmu Penelitian Riset Statistik
A. Riset Eksploratoris
Riset eksploratoris adalah riset yang memiliki tujuan untuk
mendapatkan keterangan, wawasan, pengetahuan, ide, gagasan, pemahaman,
dan lain sebagainya sebagai upaya untuk merumuskan dan mendefinisikan
masalah, menyusun hipotesis, serta dapat dilanjutkan dengan riset
lanjutan yang lebih advance.
Sifat-sifat riset exploratory :
- hasil riset bersifat tentatif
- bertujuan untuk lebih memahami akar permasalahan
- dapat dilanjutkan dengan riset lanjutan yang lebih serius
- proses riset tidak terstruktur rapi
- analisa data primer dengan sampel yang kecil
- Informasi dasar berdifat fleksibel
- hasil riset bersifat tentatif
- bertujuan untuk lebih memahami akar permasalahan
- dapat dilanjutkan dengan riset lanjutan yang lebih serius
- proses riset tidak terstruktur rapi
- analisa data primer dengan sampel yang kecil
- Informasi dasar berdifat fleksibel
Contoh riset eksploratoris :
- Interview atau wawancara secara mendalam
- FGD / focus group discussion / diskusi berkelompok
- studi kasus yang pernah terjadi
- Analisa data sekunder
- Survey ke para ahli
- Interview atau wawancara secara mendalam
- FGD / focus group discussion / diskusi berkelompok
- studi kasus yang pernah terjadi
- Analisa data sekunder
- Survey ke para ahli
B. Riset Konklusif
Riset konklusif adalah jenis riset di mana tujuan utama menguji suatu hipotesis atau hubungan tertentu.
Riset konklusif adalah jenis riset di mana tujuan utama menguji suatu hipotesis atau hubungan tertentu.
Sifat-sifat riset exploratory :
- hasil riset bersifat konklusif
- bertujuan untuk menguji suatu hubungan atau hipotesis
- Hasil riset biasanya digunakan untuk pengambilan keputusan
- proses riset formal serta terstruktur rapi
- analisa data kuantitatif dengan sampel yang besar
- Informasi dasar yang dibutuhkan telah siap
- hasil riset bersifat konklusif
- bertujuan untuk menguji suatu hubungan atau hipotesis
- Hasil riset biasanya digunakan untuk pengambilan keputusan
- proses riset formal serta terstruktur rapi
- analisa data kuantitatif dengan sampel yang besar
- Informasi dasar yang dibutuhkan telah siap
Conclusive Research dapat dibagi menjadi dua macam, yakni :
1. Riset Deskriptif
Riset deskriptif adalah riset yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu karakter / karakteristik atau fungsi dari sesuatu hal. Dalam riset ini diperlukan informasi lengkap 6W yaitu why, when, who, what, where dan way. Contoh riset deskriptif adalah seperti bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan telepon seluler fren mobile-8.
Riset deskriptif adalah riset yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu karakter / karakteristik atau fungsi dari sesuatu hal. Dalam riset ini diperlukan informasi lengkap 6W yaitu why, when, who, what, where dan way. Contoh riset deskriptif adalah seperti bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan telepon seluler fren mobile-8.
2. Riset Kausal
Riset kausal adalah riset yang bertujuan untuk menentukan hubungan dari suatu sebab akibat / causal dari suatu hal. Contohnya seperti bagaimana hubungan antara harga bbm / bahan bakar minyak terhadap jumlah pengguna sepeda motor.
RISET MARKETING
Riset kausal adalah riset yang bertujuan untuk menentukan hubungan dari suatu sebab akibat / causal dari suatu hal. Contohnya seperti bagaimana hubungan antara harga bbm / bahan bakar minyak terhadap jumlah pengguna sepeda motor.
RISET MARKETING
Riset marketing merupakan salah satu
kegiatan yang harus kita lakukan sebelum kita melangkah ke tahap-tahap
selanjutnya. Riset marketing kita lakukan dengan tujuan utama adalah
untuk memilih nama domain yang telah memiliki pasar (baca : “pasar
tertarget”), knapa harus memiliki pasar ? mudah sekali alasannya, jika
kita akan menjual payung apakah hasil payung yang terjual akan sama
besarnya disaat musim kemarau daripada penghujan
Jika anda membeli (baca: menggunakan)
domain yang telah memiliki pasar, maka anda tidak perlu bersusah payah
untuk menjaring pengunjung anda hingga akhirnya blog anda menjadi
peringkat pertama di halaman mesin pencari.
Domain merupakan alamat yang kita
gunakan untuk menunjukkan ke pengunjung tentang blog ataupun website
yang telah kita buat untuk mereka melakukan kunjungan.
Dengan bergantinya algoritma yang baru
dari Google saat ini nama domain sangat berpengaruh dengan kata kunci
yang kita bidik. Selain domain yang kita perlukan untuk memulai belajar internet marketing
adalah hosting (tempat menyimpan data kita secara online). Jika domain
kita ibaratkan sebuah laptop maka hosting adalah sumber listriknya,
Jadi laptop tidak akan pernah bisa menyala tanpa adanya sumber listrik
untuk menghidupkannya.
Cukup mudah bukan ?? saat kita belajar internet marketing
yang harus kitta siapkan pertama kali adalah riset marketing. yang
akan kita gunakan untuk membeli sebuah domain, membeli domain dan
hosting. Tapi jangan terlalu histeris ya karena tiga hal tersebut
adalah faktor eksternal yang mempengaruhi berhasil tidaknya bisnis
internet marketing yang akan anda kembangkan karena ada juga faktor
internal seperti tujuan yang jelas, antusias, konsisten serta waktu
yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut.
Ok…cukup ya untuk belajar riset marketing kita saat ini. Nanti kita akan belajar bagaimana cara untuk menentukan sebuah domain.
Semoga Bermanfaat,
SUMBER : http://poppieslane.com/riset-marketing.htm
GUNA MENCERDASKAN BANGSA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar